Headlines News :
Home » , » Strategi Terbaik Dalam Menjalankan Bisnis

Strategi Terbaik Dalam Menjalankan Bisnis


Dalam kehidupan jika Anda memiliki suatu mimpi yang hebat dalam menjalankan bisnis, maka buatlah rencana bisnis tersebut dengan matang. Ketika rencana bisnis tersebut berbuah manis dan merkah, maka Anda akan menemukan keindahan dalam membangun jaringan bisnis yang sangat sukses dan memiliki banyak keuntungan. Keuntungan tersebut bisa dimiliki pribadi yaitu sebuah hasilnya, dan bisa dimiliki oleh orang lain yaitu tingkat kepuasan terhadap jasa yang kita miliki sebagai pebisnis.

Rencana bisnis itu bagaikan suatu peta jalan bagi wirausahawan untuk menuju pembangunan bisnis yang sukses dan menguntungkan. Jadi Anda harus benar-benar memilih jalan yang lebih mengutamakan kepada proses sebuah kesuksesan, dan jangan ambil lah salah yang langkah dalam menuju perjalanan bisnis.

Setiap wirausahawan yang sudah membuka usaha atau baru akan meluncurkan suatu usaha, membutuhkan sebuah rencana bisnis yang dibuat dengan matang, baik dan berdasarkan fakta dalam meningkatkan peluang keberhasilan usahanya.

Selama berpuluh-puluh tahun lamanya, banyak penelitian telah membuktikan bahwa perusahaan yang melakukan perencanaan bisnis akan mengalahkan perusahaan yang tidak melakukannya. Menurut berbagai penelitihan juga menunjukan, bahwa banyak perusahaan kecil kurang teliti dalam pendekatan mereka untuk menyusun dan mengembangkan rencana bisnis.

Bahkan, tidak sedikit juga wirausahawan yang tidak pernah meluangkan waktunya untuk menyusun dan mengembangkan rencana bisnis bagi usaha yang di jalaninya. Namun, Pada akhirnya akan berdampak pada tingginya tingkat kegagalan yang dialami oleh perusahaan kecil, akibat dari lemah dan kurangnnya perencanaan bisnis yang akan dijalankannya.

A. Apakah rencana bisnis itu?
Rencana bisnis adalah ringkasan secara tertulis mengenai suatu pendirian perusahaan atau menjalankan usaha yang berisi rincian gambaran kegiatan operasi dan rencana keuangan, peluang dan strategi pemasaran serta kemampuan pengelolaan. Rencana bisnis ini menguraikan arah dan tujuan perusahaan yang akan di capai, berserta strategi mencapainya sebagai peta jalan bagi wirausahawan untuk menuju pembangunan pondasi bisnis yang sukses.

Rencana bisnis, merupakan bukti bahwa seorang wirausahawan telah melakukan berbagai macem penelitian yang diperlukannya. Dengan mempelajari peluang bisnis yang sudah ada, dan siap untuk menjalankan usahanya dengan sebuah model bisnis yang menguntungkan.

B. Apa pentingnya menyusun rencana bisnis?
Ada dua alasan utama yang sangat penting dan fundamental mengapa setiap wirausahawan harus menyusun rencana bisnis untuk usahanya. Pertama, sebagai panduan operasi usaha, kedua, menarik pemberi pinjaman dan investor. Untuk itu kita temukan penjelasannya sebagai berikut:

1. Panduan operasi usaha
Rencana bisnis memberikan panduan wirausahawan dalam menjalankan operasi perusahaan, karena dengan menuliskan perencanaan yang telah dibuat untuk penetapan tujuan dan strategi pencapaiannya, tentu akan memudahkan wirausahawan dalam melakukan suatu evaluasi, pengembangan dan mengurangi resiko terjadinya kesalahan operasional yang berakibat fatal bagi perusahaannya.

Proses penyusunan rencana bisnis ini akan menjadikan seorang wirausahawan berubah dari awalnya hanya berpikir “SAYA PIKIR” menjadi “SAYA TAHU” dalam menjalankan usaha yang akan di jalani.

Selain itu dalam penyusunan rencana bisnis, akan memaksa wirausahawan mengungkap gagasan serta pandangan mereka dalam uji kenyataan, dengan pertanyaan yang akan dilontarkan kepada dirinya yaitu "Dapatkah bisnis ini benar-benar menghasilkan laba?”.

2. Menarik pemberi pinjaman dan investor
Setiap usaha pasti membutuhkan modal banyak, yang besaran modalnya sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Modal usaha bisa bersumber dari modal sendiri, modal pinjaman atau modal dari investor.

Mengajukan pinjaman dan menarik investor tanpa disertai rencana bisnis yang memadai, sering mengalami kegagalan. Dengan kata lain, cara terbaik untuk mengamankan pemenuhan kebutuhan modal usaha adalah dengan membuat rencana bisnis yang menarik dan memadai. Pada waktunya akan memungkinkan wirausahawan menyampaikan peluang potensial atas bisnis yang akan atau telah dijalankan kepada pemberi pinjaman dan investor.

Dan pada intinya, rencana bisnis yang memadai sangatlah diperlukan oleh setiap wirausahawan, baik sebagai peta menjalankan usaha maupun sarana sebagai alat mencari modal dalam membangun usaha yang sukses sesuai harapan.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Dilarang menaruh website yang berbau SARA, Konten Pornografi dan website lainnya yang tidak wajar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bisnis.kus - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger