Headlines News :
Home » , , » Raup Keuntungan dari Bisnis Reparasi Piano

Raup Keuntungan dari Bisnis Reparasi Piano


Piano adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal. Ada lebih dari 9.000 bagian pada kunci ditambah dengan bagian kombinasi lainnya. Jika dianalisa material dari piano, maka akan terlihat kayu dengan kualitas tinggi, besi, baja, tembaga, plastik, kuningan, kapas, bahan perekat (lem), dan sebagainya. Maka bisa dibayangkan betapa sulitnya membersihkan bagian-bagian yang tidak mudah terjangkau di dalam piano.

Lalu, Bisa memainkan alat musik piano bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Peningkatan kebutuhan alat musik inilah yang kemudian membuka peluang usaha reparasi piano. Walau omzetnya belum sampai ratusan juta, pekerjaan seni ini bisa menjadi peluang usaha baru.

Memiliki piano sekarang bukanlah prestise bagi pemiliknya. Saat ini sudah banyak yang mampu memainkan dengan baik. Maklum, bermain piano bukan lagi kemampuan eksklusif.

Tentu saja, semakin banyaknya orang yang bisa main piano, tentu dibutuhkan pula servis atau perbaikan piano bila mengalami kerusakan. Hal ini bisa menjadi lapak baru atau usaha baru, karena mungkin terbilang jarang ada yang membuka usaha servis piano. Jadi bisa di katakan peminat servis piano ini bisa menjadi ladang uang bagi pengusaha servis piano.
Tetapi yang menjadi kendala adalah suku cadang piano tidak bisa di dapatkan dengan mudah karena yang menjual suku cadang ini hanya terdapat di kota – kota Indonesia tertentu, seperti Jakarta, Surabaya, atau Singapura.
Menurut dari hasil wawancara dengan salah satu pengusaha Servis Piano ini panggil saja Agung. Ia sudah memulai usah dari tahun 1978 dengan usianya yang sekarang 63 tahun ia dapat mereparasi Piano 10-15 per bulan. Agung membandrol harga biaya reparasinya mulai dari harga Rp. 300.000 harga ini di lihat dari segi kerusakan semakin parah kerusakan maka semakin mahal harga kerusakannya.
Agung juga menceritakan datangnya pelanggan darimana. Kebanyakan pelanggan berasal dari daerah Batam (tempat domisilinya) dan Singapura. Juga Agung membocorkan omzet per bulannya, yaitu bisa mencapai 20-30jt perbulan. Wow! Hasil yang sangat lumayan untuk pria berusia 63 tahun itu.
Ternyata semua peralatan bisa kita jadikan lapak usaha kita.

                                  simphonymusic.com | Cara merawat Piano yang Baik

Share this article :

2 komentar:

revelation said...

reparasi piano yang bagus ya ke anthonymusik.com aja, jual beli piano juga

Baswara Catra said...

Sangat informatif, coba kunjungi juga KTA Danamon Dana Instant buat yang butuh pinjaman buat modal usaha.

Post a Comment

Dilarang menaruh website yang berbau SARA, Konten Pornografi dan website lainnya yang tidak wajar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bisnis.kus - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger